Selasa, 21 Oktober 2014

Madrid Mampu Bobol Galang Liverpool?

Laga Liverpool dengan Real Madrid menjadi salah satu laga panas dalam matchday 3 Liga Champions tengah pekan ini. The Reds mempunyai modal oke setiap kali berjumpa dengan Los Merengues di ajang tersebut. Liverpool akan menjamu El Real di Anfield dalam lanjutan Grup B Kamis (23/10/2014) dinihari WIB.

 

 

Itu menjadi pertemuan kedua tim lagi setelah 11 tahun lamanya. Menilik rekor pertemuan mereka, Liverpool mempunyai catatan yang oke. The Reds tak pernah kalah dari Madrid. 'Si Merah' juga mempunyai catatan bagus atas tim-tim Spanyol. Sudah begitu, bomber Real Madrid Cristiano Ronaldo belum pernah mampu membobol gawang Liverpool di Anfield. Itu ketika pemain yang karab disapa Cr7 tersebut menjadi penggawa Manchester United.

 

 

Tapi, Liverpool tak bisa hanya bersandar kepada bekal tersebut. Sebab, torehan itu sudah terlalu lama untuk dijadikan patokan. Apalagi, Liverpool absen dari Liga Champions selama lima tahun. Berikut statistik yang dicatatkan Opta dalam pertemuan Liverpool dengan Real Madrid:

- Kedua tim pernah berjumpa dalam tiga laga: pada final Piala Europa 1980/1981 dan dua kali pada di Liga Champions tahun 2008-2009

- Liverpool memenangkan tiga pertemuan atas Los Blancos itu, dengan sukses juga membuat clean sheet.

- The Reds menjadi satu-satunya tim yang tak pernah kebobolan oleh Real Madrid di Liga Champions

- Selain Liverpool, Real Madrid juga belum sanggup membobol gawang Arsenal di Liga Champions.

- Dalam laga kandang terakhir menjamu Real Madrid, Liverpool menuai kemenangan besar 4-0. Pertandingan itu sekaligus menjadi pertemuan terakhir kedua tim, terjadi pada 10 Maret 2009

- El Real mencatatkan hasil kalah menang dalam 30 perjumpaan dengan tim Inggris. Rinciannya, Los Merengues membuat 11 kali kemenangan, sembilan imbang, dan 10 kali kalah.

- Liverpool lebih sering menang ketika berjumpa dengan tim-tim Spanyol. Faktanya dalam 32 duel, The Reds memenangkan 14 laga dan 10 kali seri serta delapan kali kalah.

- Kekalahan terakhir yang dibuat Liverpool dalam laga kandang pada ajang level Europa terjadi pada Oktober 2012 (2-3 vs Udinese). Sejak itu mereka membuat tiga kemenangan dan tiga kali kalah di Anfield.

- Los Blancos selalu memang dalam enam laga terakhir mereka di Liga Champions, dengan membukukan 18 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

- Real Madrid membuat gol dalam 40 dari 41 laga yang dilakoni sejauh ini di ajang Europa (total dengan 112 gol, yang artinya mereka membuat rataan 2,73 gol per pertandingan).

- Real Madrid hanya sekali kalah dalam tujuh laga away terakhir mereka di ajang Eropa, sisanya diselesaikan dengan lima kali menang dan satu kali seri.

- Jika Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dalam laga versus Liverpool nanti, dia akan menjadi topskorer Liga Champions, sejajar dengan Raul.

- Ronaldo lebih getol membuat gol di laga away ketimbang laga kandang di Liga Chmapions sejauh ini. Detailnya, dia membuat 35 gol di laga tandang dan 32 di laga kandang, serta dua gol dalam partai netral.

- Ketika menjadi pemain manchester United, Ronaldo sulit bikin gol di Anfield. Tak satupun gol dibuat dia dalam lima kali tandang ke markas Liverpool itu. Tapi, Ronaldo punya catatan pernah dua kali membobol gawang Liverpool, tapi di laga kandang Manchester united di Old Trafford.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar