Rabu, 06 Agustus 2014

Asal Usul Panggilan dan Kostum Juventus

Juventus, yang menjuarai Serie-A selama tiga musim terakhir, sedang melakukan tur pra-musim. Indonesia menjadi bagian dari rencana tim zebra tersebut, sehingga mereka datang ke Tanah Air untuk melawan ISL All Stars pada pertandingan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (6/8/2014).

 

 

Nama besar Klub juventus tak asing lagi bagi para pecinta sepak bola dunia, termasuk Indonesia, karena klub yang dimulai pada tahun 1897 itu merupakan raksasa sepak bola Eropa, dengan deretan gelar bergengsi, baik di domestik maupun Eropa. Sebutan alias julukannya pun tak cuma satu, tetapi ada beberapa, yang mewakili apa yang melekat pada mereka.

 

 

Ada yang menyebutnya La Vecchia Signora (Si Nyonya Tua), La Fidanzata d'Italia (The Girlfriend of Italy atau Kekasih Italia), I Bianconeri (Putih-hitam), Le Zebra (Zebra), La Signora Ormicidi (The Killer Lady atau Nyonya Pembunuh), hingga La Goeba (Hunchback atau Si Bungkuk).

 

 

Soal prestasi, rasanya tak perlu diperbedatkan lagi jika Klub juventus disebut sebagai klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Italia karena total, klub yang bermarkas di Klub juventus Stadium ini telah menyimpan 56 gelar resmi di pentas nasional maupun internasional. Mereka mengalahkan klub lainnya di Italia, dengan 30 trofi Serie-A, sembilan Piala Italia, enam piala Super Italia serta 11 gelar kompetisi konfederasi dan inter-konfederasi (dua Piala Interkontinental, dua Liga Champions, satu Piala Winners, tiga Piala UEFA, 1 Piala Intertoto dan dua Piala Super Eropa).

 

 

Lantas, mengapa klub yang pernah tercoreng skandal calciopoli pada 2006 ini (yang membuat mereka untuk pertama kali dalam sejarahnya terdegradasi ke Serie-B) mendapat sebutan Bianconeri atau Si Nyonya Besar ataupun The Girlfriend of Italy?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar