Jumat, 30 Mei 2014

Brazuca Final Rio, Bola Resmi Piala Dunia 2014 Brazil

Pada laga pertandingan Piala Dunia 2014 di Brazil nanti, bola resmi yang akan digunakan tim-tim nasional anggota piala dunia memiliki kesempatan untuk menggunakan bola resmi piala dunia Brazil yakni Brazuca. Tetapi, untuk laga final nanti, terdapat bola khusus yang akan digunakan hanya pada final piala dunia Brazil nanti, yakni Brazuca Final Rio. Apa yang menjadi alasan dibalik bola khusus yang hanya diperuntukan untuk final piala dunia 2014 ini?

 

Produsen bola untuk piala dunia Brazil, Adidas, meluncurkan bola tersebut pada bulan Desember lalu. Nama Brazuca dalam bahasa Indonesia berarti "cara hidup orang-orang Brazil". Seolah ingin menggambarkan bahwa orang orang Brazil menanggap sepak bola sebagai suatu gaya hidup atau bagian daripada hidup mereka sehari hari. Bola Brazuca sendiri juga didominasi oleh warna biru, oranye dan hijau, persis seperti warna utama Brazil.

 

Jika banyak orang sudah mengenal bola piala dunia 2014 sebagai Brazuca, kini diperkenalkan lagi, bola khusus untuk piala dunia 2014, yakni Brazuca Final Rio. Bola ini memang sengaja digunakan pada final piala dunia Brazil nanti yang akan digelar di stadion Maracana, Rio de Janeiro pada 13 Juli 2014 mendatang. Dibanding Brazuca, bola yang sengaja di desain untuk final piala dunia 2014 ini memang terlihat berbeda. Warna yang mendominasi bola ini terinspirasi dari trofi piala dunia yakni warna emas dan hijau.

 

Sebelum resmi digunakan, bola Brazuca Final Rio telah melewati proses uji coba selama kurang lebih dua setengah tahun. Untuk proses uji coba, FIFA world cup mengklaim telah melibatkan 600 pemain kelas atas dan 30 tim dari 10 negara. Bola itu pun diklaim Adidas sebagai bola paling teruji yang pernah mereka buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar